Sabtu, 17 September 2011

PERISAI DIRI UNESA


PROFIL UNIT KEGIATAN MAHASISWA PERISAI DIRI UNESA
Unit  Kegiatan Mahasiswa (UKM) Perisai Diri Unesa merupakan salah satu UKM beladiri yang dibawahi oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) yang didirikan pada tahun 1974 oleh RM Soebandiman Dirdjoatmodjo (Pak Dirdjo) yang juga merupakan pendiri Perguruan Perisai Diri di Indonesia.
Selama kurun waktu tersebut UKM Perisai Diri telah memperoleh berbagai macam prestasi dalam rangka mengharumkan nama Unesa baik di berbagai kejuaraan tingkat regional maupun tingkat nasional.
Sekretariat UKM Perisai Diri Unesa bertempat di Gedung H-6 Kampus Ketintang, Surabaya. Dalam rangka meningkatkan prestasi UKM Perisai Diri, mak UKM ini melaksanakan kegiatan- kegiatan setiap tahunnya. Diantaranya adalah kegiatan latihan rutin yang dilaksanakan setiap hari Rabu dan Minggu sore jam 15.30 sampai 17.30. Selain itu juga, untuk mendapatkan generasi- generasi penerus, maka UKM Perisai Diri rutin menyebarkan brosur- brosur dan mengadakan kegiatan- kegiatan yang bisa mengenalkan UKM Perisai Diri kepada khalayak umum.
Secara umum Perisai Diri adalah salah satu organisasi atau perguruan Pencak Silat di Indonesia. Didirikan oleh RM Soebandiman Dirdjoatmodjo (Pak Dirdjo) pada tanggal 2 Juli 1955 di Surabaya, Jawa Timur, dengan nama Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri atau disingkat Kelatnas Indonesia Perisai Diri. Selain tersebar ke berbagai daerah di tanah air, Perisai Diri juga telah berkembang ke manca negara, diantaranya yaitu Amerika Serikat, Inggris, Belanda, Australia, Swiss, Jerman, Austria, bahkan di Jepang.
Perisai Diri merupakan salah satu organisasi olahraga beladiri yang berada dalam lingkungan IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia), induk organisasi resmi Pencak Silat di Indonesia di bawah pembinaan KONI. Bahkan Perisai Diri masuk kategori 10 Perguruan Historis, yaitu 10 perguruan Pencak Silat yang berkontribusi besar terhadap berkembangnya IPSI pada masa awal.
Dalam Perisai Diri, pesilat dilatih teknik silat yang dirumuskan dari 156 aliran (Shaolinshi) dari negeri Tiongkok yang golongkan menjadi teknik:
1.     Pengosongan, peringanan dan pemberatan tubuh
2.     Gerak merampas dan merusak
3.     Gerak meringkas dan mengunci
4.     Gerak menghindar dan mengelak
5.     Serangan kaki, tangan dan badan
6.     Gerak lompatan
7.     Cara menolak, menebang dan melempar
8.     Gerak dorong dan menebak
9.     Olah pernapasan dan penyaluran tenaga
10.            Penggunaan senjata
Metode pelatihan silat yang khas dan unik di Perisai Diri adalah latihan Serang Hindar yang mengajarkan teknik menyerang dan menghindar dengan efisien, cepat, tepat, deras dan bijaksana. Dengan motto “Pandai Silat Tanpa Cedera”, Perisai Diri menyusun program pendidikannya dengan memperhatikan faktor psikologis dan kurikulumnya.
Selain teknik silat dan gemblengan fisik, pesilat juga akan diberi gemblengan mental spiritual yang dalam Perisai Diri dikenal dengan istilah Kerohanian. Sehingga diharapkan tercipta pesilat yang bermental baja dan berbudi luhur, mempunyai kepercayaan diri yang kuat, berperangai lemah lembut, serta bijaksana dalam berpikir dan bertindak.
Jadwal Latihan Rutin UKM Perisai Diri Unesa
Rabu dan Minggu pukul 15.30-17.30 WIB
Di Gedung H-7 Kampus Ketintang Unesa
VISI DAN MISI UNIT KEGIATAN MAHASISWA PERISAI DIRI UNESA
Sebagai organisasi Pencak Silat yang bernaung dibawah Perguruan Tinggi Universitas Negeri Surabaya, maka UKM Perisai Diri mempunyai visi dan misi yang dapat meningkatkan prestasi maupun mengenalkan UKM Perisai Diri Unesa kepada seluruh mahasiswa Unesa pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Adapun visi dan misi dari UKM Perisai Diri Unesa adalah:
a.            Meningkatkan wawasan keorganisasian di kalangan mahasiswa UNESA khususnya anggota UKM Kelatnas Indonesia Perisai Diri.
b.            Meningkatkan rasa persaudaraan dan kerjasama di antara anggota Kelatnas Indonesia Perisai Diri.
c.             Mengembangkan budaya musyawarah mufakat di antara anggota UKM Perisai Diri UNESA.
d.            Menentukan arah tujuan ke depan UKM Perisai Diri UNESA
e.             Melaksanakan kegiatan- kegiatan yang bertujuan untuk memajukan UKM Perisai Diri Unesa.


PRESTASI UNIT KEGIATAN MAHASISWA PERISAI DIRI DALAM 3 TAHUN TERAKHIR

Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir Unit Kegiatan Mahasiswa Perisai Diri Unesa telah mencetak berbagai macam prestasi baik untuk kejuaraan di tingkat regional maupun kejuaraan di tingkat nasional. Beberapa prestasi UKM Perisai Diri Unesa 3 tahun terakhir adalah:

No
Nama Kegiatan
Prestasi
Perolehan Medali
Emas
Perak
Perunggu
1.
Kejurnas Silat Perisai Diri antar Perguruan Tinggi XXIII Tahun 2009 Universitasx Negeri Surabaya yang diselenggarakan pada 29 November- 4 Desember 2009 di Surabaya
Juara Umum I
7
4
6
2.
Sirkuit Silat Perisai Diri antar Unit Ranting Universitas Negeri Jember yang diselenggarakan pada 12- 15 Maret 2009 di Jember
Juara Umum I
6
1
2
3.
Invitasi Silat Perisai Diri se- Jawa Timur Airlangga Cup VII Tahun 2010 yang diselenggarakan pada 03- 06 Juni 2010 di Surabaya
Juara Umum I
5
2
5
4.
Invitasi Kelatnas Indonesia Perisai Diri  Bayuangga Cup I yang diselenggarakan pada 09- 12 Desember 2010 di Probolinggo
Juara Umum II
4
3
4
5.
Kejuaraan Silat Perisai Diri Piala UM Cup I antar Unit Ranting se- Jawa Timur 2011 yang diselenggarakan pada 23- 26 Juni 2011 di Malang
Juara Umum II
8
5
3


















KEGIATAN UNIT KEGIATAN MAHASISWA PERISAI DIRI SELAMA SATU TAHUN
Selama satu tahun ini UKM Perisai Diri Unesa telah melaksanakan beberapa kegiatan, diantaranya adalah:
1.     Program kerja         : Latihan rutin
Pelaksanaan    : - Latihan rutin kampus setiap hari Rabu dan
Minggu
-         Latihan tingkat putih ke atas 2 minggu sekali


2.     Program kerja         : Kejuaraan Silat Perisai Diri Piala UM Cup I antar Unit Ranting se- Jawa Timur 2011
Pelaksanaan    : 2326 Juni 2011
Tempat            : Universitas Negeri Malang
Keterangan     : UKM Perisai Diri Universitas Negeri Surabaya meraih juara umum II dalam kegiatan tersebut
Hasil yang diperoleh:          8  emas, 5 perak, dan 3 perunggu.

3.     Program kerja : Kerja Bakti UKM
Pelaksanaan    : tiap bulan
Keterangan      : Kerja bakti UKM dilaksanakan satu bulan sekali. Kerja bakti ditujukan untuk menjaga kebersihan UKM dan mempererat kekeluargaan antar anggota UKM Perisai Diri UNESA.
4.     Program kerja : Pembuatan Slogan dan Dekorasi
Pelaksanaan    : Saat Berlangsung expo UKM
Keterangan      :Kegiatan ini kurang maksimal dilaksanakan, dikarenakan keterbatasan dana dan keterbatasan waktu dalam pelaksanaan kegiatan ini. Namun secara keseluruhan kegiatan ini dapat dibuat acuan dalam pelaksanaan kegiatan yang selanjutnya.

5.     Program kerja : Perekrutan Anggota Baru
Pelaksanaan    : Saat penerimaan mahasiswa baru
Keterangan      : Perekrutan anggota baru ini dilakukan melalui Expo UKM yang diadakan setiap tahun. Selain itu upaya perekrutan anggota baru ini juga dilakukan setiap saat dengan menyebarkan brosur dan angket.

6.     Program kerja : Pembuatan Brosur
Pelaksanaan    : Tiap 4 bulan sekali
Keterangan      : Program kerja ini terlaksana dengan baik. Dengan pembuatan brosur ini perekrutan anggota baru menjadi lebih mudah, sehingga anggota UKM Perisai Diri Unesa menjadi semakin bertambah banyak.

7.     Program kerja : Rapat Rutin anggota
Pelaksanaan    : Setiap 1 bulan, pada minggu ke – 1
Keterangan      : agenda rapat ini terlaksana namun tidak berjalan
  setiap bulan tetapi tiap 2 bulan sekali..

8.     Program kerja : Rapat Rutin Pengurus
Pelaksanaan    : Setiap 3 bulan, pada minggu ke – 2
Keterangan      : Agenda rapat rutin ini pada mulanya terlaksana secara tiap bulan selam 3 bulan berturut – turut.

9.     Program Kerja    : Latihan Alam
Pelaksanaan                   : 12-14 November 2010
Tempat                 : Wana Wisata Air Terjun Dlundung,          Trawas, Mojokerto.
Keterangan           :
Kegiatan Latihan Alam ini telah terselenggara dengan baik dan lancar. Diikuti oleh 50 peserta dari anggota UKM Perisai Diri Unesa.






1 komentar:

  1. saya cari2 Perisai diri di surabaya
    bisa ikut gabung?
    08562560915

    BalasHapus